SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA YANG PENUH INSPIRASI, TUHAN YESUS MEMBERKATI KITA SEMUA

Sabtu, 12 Desember 2015

KEKUATAN

FAITH AND KNOWLEDGE


 Ada dua orang yang suka banget nanya-nanya. Yang satu, sebut saja si A udah kelar sekolah dan udah kerja. Satunya lagi lebih muda. Ia baru kelas 1 SMP, doyan baca buku en ngedatengin berbagai gereja buat nyari tau seperti apa dalemnya, gimana sih cara mereka beribadah. Nah, si A kalo tanya sesuatu pasti tentang FirTu yang dia nggak ngerti. Dia pingin tau ayat tertentu tuh maksudnya apa;  trus kalo ngelakuin sesuatu, dilihat dari ayat itu dosa nggak. Pendeknya dia berusaha supaya jangan sampe ia ngelakuin kesalahan Cuma karena ia nggak ngerti maksud firman Tuhan. Bagus,kan? Sedangkan yang ABG beda. Pertanyaannya pasti berhubungan sama pengetahuan ato tradisi gereja yang dia baca dari buku, plus hasil “jalan-jalan”nya. So, basically, ia bukan nanya, tapi malah lebih cocok disebut nguji. Padahal buku-buku yang dia baca kan belum tentu bener dasar Alkitabnya.

Boleh nggak nanya-nanya tentang firman ato pengetahuan seputar tradisi kekristenan?


Boleh aja, bahkan bagus kalo itu bikin kita lebih mengenal-Nya dan iman kita tambah kuat. Cuman, jangan juga, ngebahas segala pengetahuan tapi gak pernah berusaha nyari tau kehendak Tuhan yang Dia nyatain lewat firman-Nya. Ngapain tau banyak tapi iman kita gak numbuh-numbuh, tul nggak?


Denger deh kata Rasul Petrus: punya iman dulu, trus praktekin deh iman dengan ngelakuin hal-hal yang baik dan yang berkenan (jadi pelaku firman), baru tambahin sama pengetahuan supaya kamu nggak kejebak sama pengajaran-pengajaran nggak bener trus dengan gampang ninggalin Tuhan. Setelah pengetahuan, tambahin  juga dengan penguasaan diri, ketekunan, kesalehan, dan kasih.


Guys, pengetahuin itu penting buat anak-anak Tuhan supaya pikiran kita gak dangkal trus ajdi orang yang picik dan berpikir sempit, tapi jangan itu doang yang diutamain. Punyai dulu iman dan lakuin kehendak firman. Karena ada juga orang-orang yang sibuk ngejar pengetahuan, berusaha ngerti firman dengan logika doang, akhirnya gak pernah percaya kepada Yesus. So, silakan tambah pengetahuan, tapi inget urut-urutan prioritasnya,ya! Jangan dibalik! ** (Kak Dhina KS)

(Tuhan Yesus Memberkati)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar