SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA YANG PENUH INSPIRASI, TUHAN YESUS MEMBERKATI KITA SEMUA

Minggu, 13 Desember 2015

MEMBAHAS INTEGRITAS DIRI SENDIRI

INTEGRITY


Tiga murid SMU berencana pergi ke suatu tempat pagi itu. Dan untuk ngelakuin aksinya itu, mereka sengaja bolos sekolah. Mereka bertiga pergi ke mall dengan mobil milik salah seorang di antara mereka. Keesokan harisnya, mereka bertiga dipanggil oleh guru kelas dan ditanya mengapa mereka nggak masuk sekolah. Ternyata mereka udah bersepakat sebelumnya untuk jawab, “Ban mobil kami kempes di tengah jalan.” Mereka bertiga merasa lega waktu dilihatnya Pak Guru sepertinys bisa dikelabui. Pak Guru tersenyum dan berkata, “Oke, sekarang kalian boleh mengikuti tes yang kemarin tidak sempat kalian ikuti. Siapkan kertas dan alat tulis kalian.” Mereka pun menyiapkan semua peralatan itu. Pak Guru membacakan soalnya, “Oke, pertanyaan pertama: ban mobil sebelah mana yang kempes?” Tiga murid itu kebingungan menjawabnya.

Nggak seorang pun bisa terbebas dari perbuatan dusta. Ananias dan Safira sebelumnya tuh bersepakat pengen mempersembahkan semua hasil penjualan tanahnya kepada rasul-rasul. Tapi , niat itu tiba-tiba berubah dan mereka sepakat mengambil sebagian hasil penjualan tanah itu untuk diri mereka sendiri. “Nanti jika rasul Petrus bertanya, jawab saja ini hasil penjualan semuanya.” Ananias dan Safira berpikir kalo mereka Cuma berbohong sama Petrus dan saudara-saudara seimannya. Tapi rasul Petrus menjawab: mengapa kamu merancangkan niat jahat itu dalam hatimu? Kamu bukan mendustai manusia, tetapi mendustai Roh Kudus.” Nggak seorang pun dapat terbebas dari perbuatan dusta. Dalam Kisah Para Rasul 5, Ananias dan Safira mengira mereka hanya berdusta kepada Petrus dan saudara-saudara seiman lainnya. Tetapi rasul itu berkata kepada mereka, “ Engkau bukan mendustai manusia, tetapi mendustai Allah.”


Jujur, kita tuh sering kali gampang banget tergoda untuk mengatakan dusta ato kebohongan. Alasannya tentu aja kita berusaha nyembunyiin perbuatan yang udah kita lakukan. Apapun alasannya, jelas kebohongan adalah perbuatan yang nggak dikehendaki Tuhan. Integritas kita tuh tampak dari kesesuaian antara apa yang ada di hati dan apa yang kita lakukan. Jadi apakah hidup kita jujur? ** Kak Sys

Tidak ada komentar:

Posting Komentar